Pages

priBotTab2

Rabu, 11 Januari 2012

Terapi islami mempertajam daya ingat

1. 5 perkara mencerdaskan
Diriwayatkan Ali Bin Abi Thalib bahwa Rasul Saw bersabda : “5 perkara dapat menghilangkan lupa dan menambah daya ingat, yaitu (1) bersiwak (menggosok gigi), (2) puasa, (3) membaca Al-Quran,(4) meminum madu, dan (5) memakan luban.”

2. Memakan Luban (Kemenyan Arab)
Ali Bin Abi Thalib berkata : “3 perkara yang dapat menambah daya ingat dan menghilangkan lendir, yaitu membaca Al-Quran, meminum madu dan memakan luban. “

3. Gosok Gigi
Diriwayatkan dari Imam Ja;far Shadiq, Rsulullah Saw bersabda, “Siwak (Gosok gigi) memiliki 12 keagungan. Siwak merupakan sunnah, berfungsi membersihkan mulut, memperjelas penglihatan, membuat ridha Yang Mahakasih, memutihkan gigi, memperkuat gusi, menambah nafsu makan, menghilangkan lender, menambah kecerdasan dan daya ingat, menggandakan kebaikan dan menyenangkan malaikat. Jika manusia mengetahui manfaat siwak, tentu mereka tidak akan meninggalkannya, bahkan saat tidur pun mereka akan menaruhnya dalam selimut.

Imam Ja’far Ash-Shadiq berkata : “ Siwak (menggosok gigi) itu memiliki 12 keutamaan, yaitu : 1) Merupakan Sunnah, 2) Dapat mensucikan mulut, 3) Menguatkan penglihatan, 4) Membuat Ar-Rahman (Allah) ridha, 5) Memutihkan gigi, 6) Menghilangkan kotoran pada lubang gigi, 7) Menguatkan gusi, 8) Menambah nafsu makan, 9) Menambah daya ingat, 10) Melipatkan kebaikan, 11) Menyenangkan malaikat.”

4. Puasa dan Membaca Al-Quran
Imam Ja’far Ash-Shadiq meriwayatkan dari ayah-ayahnya hinggan Ali Bin Abi Thalib. Beliau berkata : “3 hal yang dapat menghilangkan lender dan menambah daya ingat, yaitu siwak (menggosok gigi), puasa dan membaca Al-Quran.”

5. Minum Madu
Rasulullah Saw bersabda : “Barang siapa ingin memiliki hafalan (yang kuat) hendaklah dia meminum madu.”

Rasul Saw bersabda : “Sebaik-baik minuman ialah madu karena dia dapat mengkonsentrasikan hati dan menghilangkan dingin yang ada didalam dada.”
Ali Bin Abi Thalib berkata : “3 perkara yang dapat menambah daya ingat dan menghilangkan lender, yaitu membaca Al-Quran, meminum madu dan memakan luban.”

6. Makan Kismis
Nabi Saw bersabda : “Biasakanlah memakan kismis karena kismis dapat menghilangkan kepahitan (empedu/cairan kuning), menghilangkan lender, menyehatkan badan, membaguskan rupa, menguatkan syaraf dan menghilangkan letih.”

7. Makan Sayur-Sayuran
Imam Ali Ar-Ridha berkata : “Biasakanlah dirimu memakan sayur-sayuran karena sayur-sayuran itu tumbuh ditepi-tepi sungai surge Firdaus, disamping itu dia juga mengandung obat untuk segala penyakit, dapat menguatkan syaraf, mendinginkan darah yang panas dan menambah nafsu makanan.”

8. Makan Kacang Panjang
Imam Ja’far Ash-Shadiq berkata : “Makanlah kacang panjang, karena ia akan menambah sumsum atau air pada dua tulang kering betis dan menambah cairan dalam otak serta mampu memproduksi darah segar.”

9. Makan Bawang Merah
Imam Ja’far Ash-Shidiq berkata : “Bawang merah memiliki 5 kegunaan, yaitu dapat menghilangkan lelah, menguatkan syaraf, menambah air, menambah semangat dan menghilangkan panas.”

10. Luban + madu + Gula + Doa
`Ibnu Abbas berkata, “Rasulullah Saw mengajariku sesuatu yang bisa meningkatkan daya ingat saat aku mengeluhkan daya ingatku yang lemah kepada beliau. Beliau berkata, ‘Maukah kau kuhadiahi sesuatu yang diajarkan Jibril ra kepadaku, wahai Ibn ‘Abbas? ‘ Aku menjawab, ‘Tentu, ya Rasulullah. ’Lalu Beliau berkata kepadaku, ‘Tulislah dengan ja’faran dan air dingin didalam sebuah wadah : Surah Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Mu’awwidzatain (Al-Nas dan Al-Falaq), Yasin, Al Hasyr, Al-Waqi’ah, dan Al-Mulk. Lalu tuangi dengan air zamzam, atau air hujan. Minumlah sebelum sarapan di waktu sahur, disertai 3 mitsqal luban (1 mitsqal = 1.25 gram), 10 mitsqal madu, dan 10 mitsqal gula. Setelah meminumnya, shalatlah 10 rakaat dengan membaca Al-Fatihah 10 kali dan Al-Ikhlas 1 kali pada tiap rakaatnya. Lalu, jelanglah hari itu dengan puasa. Tidak samapi 40 hari kau melakukan hal itu, engkau akan menjadi hafizh (memiliki daya ingat yang sangat kuat) seizing Allah Ta’ala.”

Disisi lain, Ash-Shadiq berkata, “Tulislah dengan Ja’faran : Al-fatihah, Ayat Kursi, Al-Qadar, Yasin, Al-Waqi’ah, Al-A’laa, Tabaarak, Qul huwallahhuahad, dan Al-Mu’awwidzaitan didalam wadah yang bersih. Lalu tuangkan padanya air zamzam, atau air hujan, atau air suci, campurkan dua mitsqal (1 mitsqal = 1.25 gram) lubann, 10 mitsqal gula, dan 10 mitsqal madu. Simpan di bawah langit dan tutup dengan besi. Kemudian shalatlah 2 rakaat diakhir malam dengan mambaca Al-Fatihah dan Al-Ikhlas 50 kali pada tiap rakaatnya. Usai shalat, minumlah air itu. Sungguh, itu sanagt baik dan mujarab untuk daya ingat, insya Allah.”

11. Faktor-Faktor Penguat daya Ingat
Diakhir Risalah Adab Al-Muta’alimin, Ath-Thusi berkata : “Sebab paling kuat untuk meningkatkan daya ingat adalah kesungguhan, ketekunan, mengurangi makan (maksudnya : makan secukupnya dan tidak kekenyangan), melakukan shalat malam dengan khudhu’ dan khusuk, dan membaca Al-Quran. Tidak ada sebab yang paling kuat untuk meningkatkan daya ingat disbanding membaca Al-Quran, tak terkecuali Ayat Kursi. Membaca Al-Quran dengan cara melihat mushhaf (bukan hafalan diluar kepala) dianggap lebih utama karena sabda Rasullah Saw, ‘Amal terbaik umatku adalah membaca Al-Quran sambil melihat [tulisannya], ‘selain itu, daya ingat akan bertambah kuat dengan memperbanyak membaca shalawat kepada nabi Saw, bersiwak, minum madu, makan kundur dicampur gula, makan 21 buah kismis merah setiap hari, dan makan semua hal yang bisa meningkatkan daya ingat serta menyembuhkan banyak penyakit, juga segala sesuatu yang bermanfaat menghilangkan lender dan kotoran didada. Setiap sesuatuyang menambahkan penambahan lender, akan menyebabkan lupa. Hal-hal lain yang bisa menimbulkan lupa antar lain adalah maksiat, gelisah, larut dalam kesedihan dan gundah gulana memikirkan urusan duniawi, dan terlalu sibuk bekerja.

Didalam Risalah Thibb An-Naby Saw, diriwayatkan Rasulullah Saw bersabda : “10 perkara yang menyebabkan lupa : Makan keju, makan makanan sisa tikus, makan apel yang asam, juljulan, mencantuk dilekuk mata, berjalan diantara dua wanita, melihat orang yang disalib, membuang kutu, dan membaca tulisan pada nisan kubur.” (Biharul-Anwar : 73,hal.321). Rasulullah Saw juga bersabda : “Kalian, gunakanlah luban! Karena luban bermanfaat untuk menghapus kesedihan dari hati, sebagaimana ia menghapus dan membersihkan keringat dari dahi. [Luban juga bermanfaat untuk] menguatkan punggung, menambah kecerdasan, mempertajam pikiran, menambah terang penglihatan dan melenyapkan lupa.” Dari sejumlah hal yang disebut-kan hadis pertama, tampaknya ada satu hal yang terlewat, karena yang disebutkan hanya 9, padahal Rasulullah mengatakan 10. Mungkin yang terlewat itu adalah salah satu yang disebutkan dalam hadis kedua.

12. Makan Seledri
Nabi Saw berkata : “Kusarankan kalian untuk makan karfas (seledri), karena ia makanan Ilyas, Yasa’, Yusa’.” Dalam satu riwayat disebutkan bahwa seledri akan meningkatkan daya ingat dan kecerdasan hati, serta mencegah kegilaan, kusta dan lepra.

13. Madu + Luban
Nabi Saw bersabda : “Didalam madu ada obat bagi setiap penyakit. Minum satu sendok madu sebelum saran akan menghilangkan lender, menghancurkan batu empedu, menghentikan penyakit lever, menjernihkan pikiran, dan akan memperkuat daya ingat jika diminum dengan luban.”

14. Anyelir + Kundur
Abu basher bertanya kepada Imam Ash-Shadiq, “Bagaimana caranyaagar saya mampu memahami ilmu yang telah Anda sampaikan kepada kami. “ Lalu Ash-Shadiq berkata kepanya, “Ambillah qaranfuli (bunga anyelir) dan kundur jantan seberat 10 dirham, tumbuk sampai halus, lalu minum sedikit darinya setiap hari.

15. “Jamu” lainnya
Obat lainnya, “ Bagi orang yang pikirannya tumpul dan sulit menghafal, ambillah senna (pohon kulit manis) Makkah, ilalang India, lada putih, kundur jantan, dan kunyit yang bersih. Tumbuk sampai halus, lalu campur dengan madu. Minum sedikit darinya setiap hari selama 7 hari berturut-turut. Dan jika itu dilakukan selama 40 hari, dikhawatirkan ia akan menjadi penyihir karena daya ingatnya demikian kuat.”
Diriwayatkan dari Ali ra, “Barang siapa menggunakan sedikit kunyit yang bersih dan ilalang, mencampurnya dengan madu, lalu meminumnya dua teguk setiap hari, dikhawatirkan ia akan menjadi penyihir karena daya ingatnya demikian kuat.”

Nah , bagi kamu2 yang Sedikit Punya masalah Dengan Daya Ingat dan yang terpenting kamu seorang Moslem, Bisa Diikutin neh Anjuran2 dari Hadist2 Riwayat Rasulullah dan para Sahabat-sahabatnya ….
Daftar Pustaka : Jangan Birkan LUPA menggerogoti Anda!
http://aci-swamasvara.blogspot.com/

1 komentar

Unknown Rabu, 21 Agustus 2019 pukul 19.49.00 PDT

Makasih kak.. kapan kapan aku coba ya.. ��

Posting Komentar